Home » » Penyebab dan Solusi Android Install Aplikasi Sendiri

Penyebab dan Solusi Android Install Aplikasi Sendiri

Luwu Raya Tips dan Trik - Indonesia menjadi surga pemasaran smartphone berbasis android. Saat ini jumlah pengguna smartphone android di indonesia diperkirakan lebih dari 50%. Sebuah jumlah yang sangat fantastis bila dibandingkan dengan jumlah penduduk indonesia saat ini yang menduduki peringkat keempat terbesar didunia dengan jumlah penduduk kurang lebih 241 juta jiwa. Anak-anak, para remaja, orang dewasa bahkan lanjut usia tak mau ketinggalan dalam menggunakannya. Masing-masing punya alasan tersendiri, mulai dari sekedar gagah-gagahan, tak mau dikatakan ketinggalan jaman, hingga untuk keperluan bisnis.
Namun tidak semua pengguna android tahu fitur-fitur yang tertanam di smartphone android itu sendiri. Misalnya pengguna yang mengeluhkan android yang sangat lambat dalam memproses data, tanpa mengetahui bahwa kapasitas memori bawaan androidnya sangat kecil sedangkan ia telah menginstal 20 aplikasi bahkan lebih.
Kali ini Luwu Raya Tips dan Trick akan membagikan penyebab dan solusi android yang mendownload dan menginstall aplikasi secara otomatis ketika terhubung dengan internet. Jika koneksinya menggunakan wifi, tentu tidak menjadi masalah. namun jika terkoneksi dengan paket data, maka bersiaplah untuk mengeluarkan dana tambahan untuk pembelian paket data. Jika masalah ini disebabkan oleh virus, tentu dengan mudah bisa diselesaikan dengan antivirus

Berikut penyebab dan solusi android yang mendownload dan menginstall aplikasi secara otomatis :
1. Aplikasi Sisipan
aplikasi sisipan
Kami menyebutnya demikian karena Aplikasi ini otomatis terinstall bersama aplikasi yang memang anda inginkan. Jika anda pengguna adobe, contoh aplikasi ini adalah Mcafee security yang otomatis terinstall ketika anda lupa menghilangkan tanda centang saat melakukan update terhadap adobe flashplayer pada browser anda.
Solusinya adalah buka menu aplikasi pada android anda, lalu uninstall aplikasi yang tidak anda kenali atau yang tidak pernah anda install sebelumnya. Aplikasi sisipan ini biasanya berbentuk Launcher, pengunduh aplikasi maupun locker.

2. Masalah Provider Jaringan
sms provider
Hampir semua provider sim card melakukan pengiriman sms ke semua pelanggannya saat ada produk baru atau ingin mempromosikan aplikasi yang mereka kembangkan, Baik itu berupa game atau aplikasi-aplikasi lainnya dan biasanya disertai link yang mengarah ke website mereka. Terkadang pelanggan tanpa sengaka maupun disengaja berlangganan atas produk yang mereka tawarkan atau mengikuti tautan link yang terkirim via sms tersebut. Dan disinilah awal masalah terjadi.
Solusinya adalah hubungi CS (Costumer Service) provider jaringan anda bahwa anda ingin berhenti berlangganan atau dengan sangat terpaksa anda harus mengganti sim card anda dengan menggunakan provider lain.

3. Aplikasi Trial Version
trial version
Aplikasi berbayar yang dalam masa tahap ujicoba yang dibagikan secara gratis ke pengguna android untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu untuk di review. Yang namanya ujicoba, didalamnya pasti ada kesalahan-kesalahan / error dan biasanya ada iklan yang muncul saat anda membuka aplikasi tersebut.
Solusinya adalah jika anda memang sangat memerlukan aplikasi tersebut, maka upgrade / ganti aplikasi trial version tersebut ke full version dengan membelinya, atau hapus / uninstall aplikasi tersebut jika tidak terlalu penting atau tidak sering anda gunakan.

4. Pengaturan akun pada android market
google playstore
Android market adalah tempat anda mengelola atau mendownload aplikasi, baik yang free maupun yang berbayar. Contohnya google play store, mobo market dan sejenisnya. Pada akun android market, pengguna bisa bebas melakukan pengaturan penggunaan termasuk pembaruan otomatis.
Solusinya adalah anda buka pengaturan akun pada semua android market tempat anda mendownload aplikasi, lalu non aktifkan / disable perbarui aplikasi secara otomatis.

5. Aplikasi Search Aplication Provider
search aplication provider
Aplikasi sebagai pengantar update otomatis pada android. Aplikasi ini sangat aman untuk dinon aktifkan dan tidak menggangu kinerja smartphone android anda.
Solusinya non aktifkan Search Aplictaion Provider (jika android anda menggunakan bahas inggris) atau Penyedia Aplikasi Penelusuran (Jika android anda menggunakan bahasa indonesia). Masuk ke setting/pengaturan => app/apl => all/semua => pilih Search Aplictaion Provider / Penyedia Aplikasi Penelusuran => Disable / Nonaktifkan.

6. Install aplikasi dari sumber tak dikenal
unknown
Solusinya non aktifkan pilihan allow installation of apps from unknown sources / izinkan pemasangan dari sumber yang tidak diketahui. Masuk ke menu setting/pengaturan => Security/keamanan => hilangkan centang pada Unknown sources/sumber tidak dikenal. jika anda ingin menginstall sebuah aplikasi baru, anda harus mengaktifkan pilihan ini terlebih dahulu, lalu non aktifkan kembali saat proses penginstalan selesai.

Demikian 6 penyebab dan solusi dari masalah android yang mendownload dan menginstall aplikasi sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengguna smartphone android se-Luwu Raya. Jangan lupa untuk terus mengunjungi blog kami untuk mendapatkan tips dan trik lainnya tentang komputer, internet, android, kesehatan dan tips trik lainnya yang akan terus kami bagikan untuk anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.